Berpikir dewasa,

Sebagai seorang manusia sudah sewajarnya dan sudah menjadi kodratnya saat usia semakin bertambah, dahulu seorang bayi lalu tumbuh menjadi anak-anak, kemudian remaja dan dewasa. Setiap orang pasti akan melekui prose situ, proses pendewasaan seseorang menjadi dewasa. Manusia dewasa adalah manusia yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dan mampu memberika solusi atas permasalahan orang lain. Manusia dewasa memiliki tanggungjawab yang besar, beban, tugas dan kewajiban mulai menempel padanya. Setiap saat dituntut untuk menjadi yang terbaik dan mampu memberikan yang paling optimal untuk semuanya.
Hari ini sabtu 7 mei 2011, aku belajar mengenai apa itu kedewasaan. Setelah disidang oleh kakak angkatan, sebuah kewajiban yang seharusnya ditanggung teman-teman satu angkatan, namun saat ditanya beberapa permasalahan tak satupun yang mampu menjawab. Mau tidak mau sebagai salah seorang yang dituakan diangkatanku aku yang menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Betapa sakit hati saat aku diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengikat satu angkatan. Saat ini posisiku bukanlah sebagai seorang ketua angkatan, aku hanya sebagai anggota saja tapi tidak tahu kenapa semua teman seperti percaya kepada semua kata-kata yang aku ucapkan. Saat itu semua ucapan ayang keluar dari mulutku ini terasa sangat berat, bahkan sangat mengiris hati. Rasanya ingin pergi dari situ, namu karena ini amanah teman-teman maka aku mencoba untuk bertahan demi kebaikan teman-teman semua.
Proses kedawaan tidak semudah itu kita lalui, banyak hal yang akan membuat kita dewasa. Setiap perilaku dan tindakan yang kita lakukan adalah serangkaian proses yang akan membuat kita dewasa. Dewasa tidak diukur dari usia, dewasa diukur dari seberapa bijak kita menyikapi sebuah permasalahan, kebijakasanaan, kearifan dan keteladanan adalah beberapa parameter seseorang dikatakan dewasa.

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar