11 Kalimat yang Menjadi Tujuanku

Keganjilan itu bukan pertamakalinya aku rasakan. Setiap kali membacanya, seakan ada yang mengetuk hati. 11 kalimat yang selalu terngiang dalam pikiran, setiap kali membacanya membuat pikiran tak karuan, ingin mendalaminya tapi apa daya ilmu yang belum seberapa. Pasang surut semangat pun membuat terlantar keinginan itu.

Pertama kali keganjilan itu terasa, saat aku masih duduk di kelas 2 SMA. Seorang guru menyampaikan nasihat, bacalah Al Qur’an, dekatlah dengannya, sebisa mungkin jangan sampai ada satu haripun terlewat tanpa bersamanya. Baca artinya juga, meski belum paham, kau akan menemukan sesuatu disana. Seperti itulah nasihatnya. Sejak itu aku mulai membaca Qur’an dan artinya, aku baca perjudul. Beruntunglah aku karena tidak lama setelah aku mendapat nasehat itu, ada pengajian di rumah Bu Lurah (Kepala Desa). Mama dan Mbak (Kakak Perempuan) datang ke pengajian itu, sepulangnya mama membawa Al Qur’an dan terjemahan bahasa Indonesia yang tebal. 

Melihat kitab itu aku jadi tergerak untuk membaca, setiap sore aku sempatkan untuk membaca ayat dan artinya minimal satu judul. Sampai pada akhirnya sampailah pada 11 kalimat itu. Setiap kali membacanya ada sesuatu yang menarik, tapi tidak tahu apakah itu.

Sebelas kalimat itu adalah Q.S. Al Mu’minun 1-11:

KEMENANGAN ORANG-ORANG MUKMIN
Tujuh buah sifat yang menjadikan orang-orang mukmin beruntung
1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,
3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,
5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,
11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

Bulan Ramadhan tahun 2015, aku berazam untuk menghafal 11 kalimat ini. Alhamdulillah, Allah mengijinkan aku menghafalnya. Setelah hafal, aku coba mempertahankan hafalan itu dengan sering membacanya pada sholat. Kadang hafalan itu kacau, mungkin karena aku berbuat maksiat hafalan itu jadi goyah dan ingin meninggalkan aku.

Sore ini timbul keinginan untuk mengamalkan 11 kalimat ini, dan menjadikannya sebagai tujuan hidupku (goal setting). 11 kalimat yang akan mengantarkan ke syurga firdaus, itu yang ada dipikiranku. Bismillah dan Perjalanan dimulai dari sekarang…

Salam,
Konno Yuki
Jakarta Selatan

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar