Apa Itu Knowledge Sharing

Knowledge Sharing (KS) adalah salah satu metode yang dipakai dikantorku untuk meningkatkan pengetahuan pegawai. Dengan melakukan KS ini diharapkan dapat meningkatkan performa kerja dari pegawai, sekalipun masih tetap dilakukan training juga. 

Lalu apa bedanya KS dengan Training? KS diselenggarakan dalam waktu yang relatif singkat biasanya 1 sampai 2 jam saja, kalau training bisa full day atau bahkan beberapa hari. Materi KS lebih pada dasar-dasar dan gambaran umum, jika training lebih detail dan spesifik.
Pengertian Knowledge Sharing menurut ahli:
Knowledge Kharing merupakan proses dimana individu secara kolektif dan iteratif memperbaiki sebuah pemikiran, gagasan, atau saran sesuai dengan petunjuk dari pengalaman individu (West dan Mayer, 1997).

Knowledge Sharing didefinisikan sebagai sebuah pertukaran pengetahuan antar dua individu; satu orang yang mengkomunikasikan pengetahuan, sedangkan seorang lainnya mengasimilasi pengetahuan tersebut (Jacobson, 2006). Fokus utama dari knowledge sharing dari masing-masing individu yaitu mampu menjelaskan, mengkodekan dan mengkomunikasikan pengetahuan kepada orang lain, kelompok, dan khususnya kepada organisasi. Knowledge sharing dapat terjadi diantara individu, di dalam dan diantara tim, antara unit organisasi, dan antara organisasi (Glassop, 2002).

Pengetahuan adalah aset perusahaan. Semakin banyak pegawai yang memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikan tugas dengan cepat akan sangat menguntungkan. Performa perusahaanpun akan meningkat dengan sendirinya.


Salam,
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar