Be Prudent

Pagi hari ini, baru masuk kerja aku langsung dipanggil manajerku. Aku diminta menjelaskan kiriman email dari spuervisor operasioanl, yang bertanya tentang SDM. Dari situ aku diminta menjelaskan panjang lebar. Intinya dalam menyampaikan informasi apapun, apalagi ke-SDM-an harus "prudent" (bijaksana).

Menurut pengalaman manajer, hal sederhana sekalipun bisa memancing suatu permasalahan. Karena SDM itu berkaitan dengan kebijakan perusahaan. Dalam menyampaikan suatu informasi harus melihat dulu siapa yang diberikan informasi, apabila itu level manajerial maka tidak apa-apa. Tapi bila menyampaikan kepada staff atau supervisor harus hati-hati dan bijak. Bisa saja yang ditangkap oleh mereka berbeda dengan apa yang disampaikan.

Jikapun ada permintaan ataupun pertanyaan terkait ke-SDM-an, lebih baik dilakukan secara formal melaui email resmi dan ditujuan kepada pejabat (manajer). Tidak boleh hal seperti itu dilakukan dengan telephon. Kalaupun pertanyaan dilakukan lewat telephon, maka pertanyaan resmi via email pun tetap harus dikirimkan.

Seperti itulah pekerjaan di-SDM, harus banyak berhati-hati dan bijak dalam memberi informasi. Karena SDM adalah perpanjangan tangan dari perusahaan. Membela perusahaan jika pegawai melakukan pelanggaran, membela pegawai jika perusahaan melakukan pelanggaran. Be Prudent, Jadilah Bijak.


Salam,
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar