Hikmah Ketemu Orang Menyebalkan

Dalam dunia kerja kita bertemu berbagai macam orang. Setiap macam orang dengan berbagai latar belakang ada semua. Baik dari segi pendidikan yang berbeda, suku, budaya, kebiasaan. Dari sekian banyak orang itu tentunya ada yang cocok dan enak untuk di ajak kerja sama, tapi ada pula yang menyebalkan.  Meskipun begitu semua tetap 1 tim, harus dapat menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena diri sendiri tidaklah sempurna.

Setiap hari bertemu dengan mereka, karena tuntutan pekerjaan mengharuskan seperti itu. Ketemu orang yang menyenangkan setiap hari tentu tak ada masalah. Bagaimana jika ketemu dengan orang yang menyebalkan setiap hari, menguras pikiran dan emosi tentunya. Tapi dibalik semua itu pasti ada hikmahnya. Salah satunya hikmah ketemu orang menyebalkan adalah melatih untuk berfikir dan bertindak yang kreatif, out of the box.

Ada beberapa kisah yang pernah saya dengan tentang menghadapi orang yang menyebalkan seperti ini. Berikut kisah-kisahnya:
Ingat kisah Bob Sadino menjual telur, saat ada pelanggan yang bawel minta ampun. Akan komentar apabila keinginan tidak sesuai, apa yang dilakukan Bob? Dia bilang apabila ada telur yang rusak (busuk) maka 1 telur busuk akan diganti dengan 10 telur bagus. Di kemudian hari Bob dengan sengaja memberikan 1 terlur busuk pada pembeli ini, apa yang terjadi adalah komplain dan rewelnya pembeli ini, sudah dapat ditebak. Tapi ini sesuai dengan rencana Bob, dia berikan ganti 10 telur bagus sesuai janjinya. Anda tahu jadi seperti apa pembeli ini? Dia menjadi pembeli yang paling loyal, bahkan karena dia orang yang bawel kejadian ini diceritakan kemana-mana yang tentunya membuat popularitas penjualan telur Bob meningkat. Dampaknya penjualan telur meningkat, penghasilan pun meningkat pula. ($_$)

Di cerita lain ada seorang Pak Tua yang terpaksa meminjam uang pada rentenir, rentenir ini terkenal akan kelicikannya. Suatu hari saat jatuh tempo pembayaran dan Pak Tua ini tidak mampu membayarnya, datanglah rentenir ini ke rumahnya. Pak Tua ini memiliki seorang anak perempuan yang cantik jelita. Timbul niat buruk, rentenir ini mengajukan syarat pada Pak Tua untuk pelunasan pinjamannya. “Maukah kau aku buat lunas semua hutang kamu” Tanya Rentenir. “Bagaimana caranya?” Tanya Pak Tua. Aku akan memasukkan 2 batu di kantung ini, 1 putih, 1 hitam, jika dapat batu warna putih maka semua hutang kamu akan lunas dan akan aku beri kamu uang sebesar pinjaman itu. Jika dapat warna batu hitam, maka anak perempuanmu jadi milikku dan kau tetap harus membayar hutangmu. Karena tidak ada pilihan pak tua ini setuju. Saat mengambil batu, sang gadis melihat kalau si rentening mengambil batu hitam semua yang dimasukkan ke dalam kantong.

Apa yang dilakukan gadis ini? Apakan langsung teriak berkata si rentenir curang dan membuka isi kantong untuk membuktikan kecurangan rentenir? Tidak!!! gadis ini hanya diam dan mengambil batu dari dalam kantong. Apa dia menyerah? Tidak!!!

Setelah batu itu diambil, dengan segaja gadis ini menjatuhkan batu ini, jauh-jauh agar sulit dicari. Lalu dia minta maaf, karena batunya jatuh sangat jauh dan berumpukan dengan batu-batu lain maka susah menemukannya. “Saya tidak ingat ambil batu warna apa. Agar lembih adil kita lihat saja apa batu yang ada di kantong, pasti itu kebalikan dari batu yang saya ambil.” Kata gadis itu.

Dan bisa anda tahu sendiri akhirnya… si rentenir kena batunya sendiri, pak tua pun lunas hutangnya… 

Adanya orang yang menyebalkan merupakan kesempatan bagi kita untuk bertindak lebih kreatif dan menjadi lebih cerdik. Ambil hal positif dalam setiap keadaan, kalau itu sulit cari cara agar bisa lebih maju. Karena setelah kesulitan ada kemudahan. Semangat menghadapi orang-orang menyebalkan di sekitar kita.

Salam,
Konno Yuki
Jakarta Selatan

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar