Apa yang dilakukan bila pensiun nanti?

Apa yang akan kita lakukan saat pension nanti. Pension berarti selesai masa pengabdian bekerja. Beberapa minggu ini aku di minta untuk melihat data pegawai yang akan pensiun  ditahun ini. Ada 3 orang yang akan pensiun pada tahun ini. 

Tugas ini mengingatkanku pada ceramah di ramadhan kemarin. Bakda sholat isya, ada kultum dengan tema, “Apa yang seharusnya dilakukan setelah pensiun?” Apakah kembali ke kampung dan duduk-duduk setiap sore melihat sawah dan matahari terbenam. Menunggu kematian menghampiri? Tidak benar bila kita melakukan seperti itu.

Ustadz menayampaikan nasehatnya, sebaiknya setelah pensiun nanti yang dilakukan adalah:

1. Memperdalam ilmu agama dan memperbanyak ibadah. Semakin banyaknya waktu luang seharunya mempergunakan untuk menambah bekal ilmu dan amal ibadah. Mengisi waktu dengan membaca kitab-kitab agama dan mengamalkannya, memperbanyak shodakoh, sholat sunnah, puasa dan lainnya.

2. Memperbanyak amal jariyah, harta yang dikumpulkan selama masih mudah perbanyak dikeluarkan untuk sodakoh jariyah, pembangunan masjid, membiayai pesantren, dan lainnya. Jangan banyak memberikan harta ke anak, sekarang orang-orang banyak terjebak pada memberikan rumah, mobil dan harta ke anak. Seharusnya orang tua memberikan bekal ilmu dan keterampilan, baik ilmu agama dan ilmu untuk mencari nafkah. Setelah anak bisa mencari nafkah sendiri, lulus sma ataupun kuliah, stop uang saku. Biarkan mereka mencari nafkah sendiri, biarkan mereka menikmati perjuangan membangun kehidupan seperti halnya bapak dan ibunya dahulu membangun kehidupannya.

3. Kembali ke keluarga, jangan malah masuk ke panti. Buat kenangan indah dengan anak dan cucu, didik anak dan cucu dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Biarkan mereka bisa menjadi lebih baik. Ajarkan ilmu agama, ngaji dll. Sampai nantinya bisa meninggalkan kenangan indah untuk mereka.

4. Menghindari fitnah orang tua. Syetan tidak pernah berhenti menggoda manusia sampai ia mati. Di hari tua syetan berusaha mengadu orang tua dan anak, cucu sampai akhrinya suul khotimah. Nauzubillah… 

Tidak harus menunggu pension untuk melakukannya, mulai dari sekarang yang bisa dilakukan. Sampai nanti tiba waktunya masa pension, agar waktu itu lebih maksimal.

Salam.
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar