Menyikapi Rutinitas Harian

Menjalani rutinitas K3 (kos, kantor, kantin) setiap harinya pastinya akan menjemukan. Dari senin sampai jumat disibukkan oleh 3 tempat itu. Sebagian besar energi dan waktu dipakai saat bekerja di kantor. Istirahat sejenak untuk makan dan bersantai dikantin. Setelah malam pulang ke kos untuk istirahat. Begitulah rutinitas yang berjalan di dunia kerja.

Meskipun hari sabtu dan minggu hari libur. Kadang hari sabtu di minta masuk untuk piket. Sekalipun dihitung lembur dan di bayar tetap saja tidak memberikan kelegaan untuk beristirahat. Saat tidak ada tugas piketpun hari sabtu akan dipakai untuk tidur dari pagi sampai siang. Pembalasan capek dan kurang tidur di 5 hari sebelumnya. Pengennya sih gak gitu, rasa capek yang susah dilawan menumbangkan badan. Akhirnya setelah dzuhur baru mulai hidup kembali (beraktivitas).

Dihari minggu hanya saat ada event tertentu baru menyempatkan diri untuk jalan ke luar. Atau sekedar ke mall belanja. Jika sedang kosong maka waktu akan dihabiskan didepan tivi maen game atau nonton film.

Terlalu banyak waktu yang tersia-siakan. Kalau sedang ada agenda keluar kota, maka sabtu minggu akan penuh kegiatan. Efek buruknya adalah akumulasi capek berpindah ke hari senin. Hanya memindahkan waktu capeknya saja.

2 minggu ini aku mempelajari to do list atau bisa chek sheet. Intinya menuliskan tugas apa saja yang harus dilakukan hari itu. Saat di kantor dan saat di kosan.

Metode ini cukup efektif asalkan dipraktekkan dengan luwes. Tidak merasa terbebani dengan tugas yang di catat.

Contoh to do list (saat dikantor)
1. Penyelesaian asuransi kesehatan pegawai.
2. Pengambilan struk saldo jaminan sosial hari tua.
3. Pengembangan aplikasi kepegawaian.
4. Persiapan pelatian bulan ini.
5. ....
6. Dst

Tulislah semua tugas yang harus dikerjakan. Tidak harus selesai semua pada hari ini. Ingat harus luwes selesaikan sesuai prioritas. Mana yang harus selesai hari ini, besok, minggu ini atau bulan ini. Pilah-pilahin supaya tidak pusing dikepala.

Ini ceritaku. Apa ceritamu?
Salam :)
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar