Laporan Kinerja Tengah Tahun Senat Mahasiswa FMIPA Undip




LAPORAN KINERJA SENAT MAHASISWA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS DIPONEGORO
PERIODE 2011

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puja dan puji syukur hanya tertuju kehadirat Allah SWT, Rabb Semesta Alam  yang telah melimpahkan Rahmat, karunia serta hidayah-nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih diberikan waktu untuk melanjutkan perjalan hidup serta kita masih diberi kesempatan untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah kami lakukan selama setengah tahun ini. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi kita Nabi Muhammad SAW selaku murobbi kita yang membimbing kita ke jalan yang lurus, yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah, dan juga shalawat serta salam kepada keluarganya, sahabat, tabi’in, tabi’it, serta alim ulama yang tetap istqomah di jalan- Nya.

            Rekan mahasiswa sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan beberapa hal mengenai kinerja yang telah dilakukan Senat Mahasiswa FMIPA selama setengah periode kepengurusan ini. Pada periode kepengurusan kali ini Senat Mahasiswa memiliki karakteristik khusus, sepertihalnya Senat Mahasiswa sebelum-sebelumnya pada setiap kepengurusan, senator yang menjabat kebanyakan adalah orang baru dalam lembaga legislative. Hal ini menjadi sebuah konsekuensi dari sitem yang ada saat ini dimana senator adalah perwakilan dari masing-masing jurusan di fakultas. Kondisi ini menuntut setiap senator untuk belajar lebih cepat tentang legislative, praktis pada periode kali ini 25% senator adalah senator lama, 50% adalah perwakilan jurusan yang dahulunya aktifis di lembaga eksekutif, dan 25% adalah mahasiswa baru di jurusan. Nilai tadi mungkin terlihat cukup besar, namun saat mengingat senator pada periode kali ini yang berjumlah 8 orang, prosentase diatas menjadi terasa sangat kecil. Jumlah yang minim memang menjadi kendala dalam melakuan aksi namun ini juga menjadi tantangan untuk para senator untuk memberikan kontribusi pada FMIPA pada kususnya dan Indonesia pada umumnya.

            Senat Mahasiswa FMIPA merupakan lembaga tinggi pemegang kekuasaan legislatif di tingkat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Diponegoro. Senat Mahasiswa memiliki peran: legislasi, pengawasan dan anggaran. Melanjutkan kinerja senator sebelumnya ketiga peran senat mahasiswa ini kami laksanakan dengan seoptimal mungkin, yakni dengan penganggaran dana lembaga, pembuatan peraturan penunjang lemabaga mahasiswa dan pengawasan lembaga eksekutif. Untuk menunjang kinerja Senat Mahasiswa dalam menjalankan tugasnya tersebut kami merumuskan visi dan misi agar kinerja senator terarah dan semakin lebih baik,

Visi :
Menjadikan Senat Mahasiswa FMIPA Undip organisasi kemahasiswaan yang mengacu pada kekeluargaan yang harmonis dengan menjunjung tinggi nilai religius dan intelektualitas.

Misi :
1.) Menjalin hubungan baik antara senat mahasiswa mipa dengan lembaga mahasiswa dan civitas akademika FMIPA
2.) Optimalisasi fungsi senat mahasisawa dalam hal peningkatan pelayanan
3.) Menjembatani aspirasi antara Mahasiswa dengan Birokrasi

    Dalam keberjalanan selama setengah kepengurusan ini, terkait visi dan misi kami mengimplementasikannya dalam beberapa tindakan, antara lain:

  1. Menjalin hubungan baik dengan lembaga mahasiswa
Sebagai lembaga tinggi pemegang kekuasaan legislative kami harus menjaga komunikasi dan hubungan dengan masyarakat MIPA utamanya lembaga mahasiswa, agar peraturan yang dibuat dapat diterapkan sebagaimana mestinya serta kami dapat menerima masukan terkait hal-hal yang menjadi problem mereka.

  1. Komunikasi aktif dengan birokrasi
Sebagai lembaga mahasiswa kita tidak lepas dari birokrasi fakultas, komunikasi yang aktif diperlukan terkait isu-isu politis kampus yang sedang bergulir ditataran birokrasi. Ranah ini merupakan garapan dari lembaga fakultas yang memang harus mengawal isu-isu yang ada.

  1. Optimalisasi peran pelayanan terhadap mahasiswa
Seringnya mahasiswa yang kurang informasi, membuat mahasiswa harus berhubungan dengan birokrasi terkait administrasi dan sebagainya. Seperti halnya masalah pembayaran SPP, pengaktifan kuliah setelah mangkir, dan masalah lainnya. Senator harus mampu mengadvokasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi ini.

            Selain melaksankan hal diatas Senat Mahasiswa juga merencanakan 32 program kerja pada periode kali ini, 10 diantarasnya telah selesai dilakanakan, 9 program sedang dalam proses dikerjakan. Meski dengan sedikit orang, kami tetap semangat untuk melaksanakan apa yang telah kami rencanakan. Karena kami ingin menghapus anggapan bahsa Senat Mahasiswa tidak ada kerjaan dan hanya pandai berbicara saja.

            Pada periode kali ini senat mahasiswa juga telah merencanakan untuk pembuatan beberapa perturan dan amandemen peraturan. Beberapa diantaranya adalah rekomendasi dari senator lama dan masukan dari masyarakat mipa. Peraturan yang kami rencanakan meliputi, PPO (amandemen), GBHK (baru), SOP (baru), Pemira (amandemen), PMB (amandemen), Etika Kampus (baru). Setelah setengah periode dari 6 peraturan target kami, 1 peraturan sudah selesai, 3 masih dalam proses drafting dan  2 dalam tahap penyusunan. Selain 6 peraturan yang kami rencanakan dalam keberjalanan kami mendapat masukan untuk pembuatan 1 peraturan dan 1 amademen, yang mana 1 peraturan amandemen telah kami selesaikan dan 1 peraturan baru tentang Peraturan Standarisasi biro sedang dalam proses drafting.

            Untuk meningkatkan wawasan tentang legislative mahasiswa kami juga katif dalam forum IKLIM MIPA se-Jogloseto (Ikatan Legislatif Mahasiswa MIPA Jogjakarta, Surakarta, Semarang, Purwokerto). Forum yang telah dirintis sejak 2 periode sebelumnya ini kami tetap jaga dan lanjutkan. Pada periode kali ini Senat Mahasiwa FMIPA Undip mendapat tugas sebagai Penanggung Jawab Bidang Pengembangan Legislasi dan Jaringan IKLIM MIPA. Sebuah tantangan baru dimana kami harus memperluas wawasan tentang legislative mahasiswa lagi.

Demikian laporan kinerja ini kami buat, semoga dapat menjadi evaluasi bagi kami pada khususnya dan bisa memberikan data yang lebih baik untuk senator selanjutnya. Senat Mahasiswa juga hanyalah manusia biasa tentu saja memiliki banyak kekurangan. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

“Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh.” 
(Andrew Jackson)

Ketua Senat Mahasiswa FMIPA Undip 2011

Kelik Isbiyantoro

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar