Kesalahan eklektrik sering membuat accu motor cepat aus


Ini adalah pengalamanku merawat sepeda motor. Berhubung motorku adalah Karisma X, maka accu motorku menggunakan accu kering. Kalo yang dahulu accu menggunakan accu basah, yang kalo aus tinggal di isi lagi dengan cairan accu maka untuk accu kering tidak bisa begitu. Rusak ya ganti,... oh tiiddaaakk....

Pergantiaan kali ini bukanlah untuk yang pertama kalinya. Aku ingat ini adalah pergantian yang ke-4, dan ini adalah accu kering ke-5 yang dipasang dimotorku. Begini rinciaannya:
1. Accu pertama, bawaan pabrik.
 Ini yang paling keren, bisa tahan paling lama. Kira-kira 2,5 tahun accu ini baru rusak dan minta diganti.
2. Accu  kedua, dah beli dibengkel.
 Ini yang paling nyebelin, niat awalnya pengen beli yang murah jadi aku beli accu kering yang bukan rekomendasi pabrik. Aku beli merk lain yuasa, eh baru 6 bulan udah rusak, sebel banget aku waktu itu. Udah harganya cuma selisih dikit paling 20 ribu, eh daya tahannya selisihnya jauh banget.
3. Accu ketiga, aku beli di dealer resmi.
 Ini dikasi merk GS. Alhamdulillah kali ini bisa bertahan sedikit lebih lama. Setahun lebih sedikit, lumayan daripada yang ke dua, cum enam bulan.
4. Accu keempat, aku beli di toko onderdil.
 Yang ke empat aku emang beli di toko onderdil biasa, tapi aku beli merk yang sama GS juga, alhamdulillah, yang ini bisa bertahan 1,5 tahun. lumayan bisa menghemat pengeluaran.
5. Accu kelima, aku beli di dealer resmi.
 Kali ini aku beli lagi didealer resmi, karena udah bosen accu kok sering rusak. Setiap tahun harus sering ganti. Kali ini aku pake accu satndar pablik pake AHM, semoga yang kali ini bisa tahan lebih lama dari yang sebelumnya. Atau bisa selama yang pertama. Amin.

Saran buat anda yang menggunakan motor dengan Accu kering:
1. Pergunakan lampu, seperlunya saja.
2. Kadang perlu menggunakan kick starter, biar elektrik starternya tidak boros pake listrik accu
3. Kalo sudah ada tanda-tanda aus segera laukan pencegahan, di stumkan lagi.
4. Saat sevis motor perika organ elektriknya, jika ada konslet itu bisa membuat accu cepet aus juga....
5. Saat pergantiaan accu gunakan accu standar yang direkomendasikan dealer resmi...

semoga bermanfaat ya....

Konno Yuki 4.1.2012

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar