Laporan Kinerja Akhir Kepengurusan Senat Mahasiswa FMIPA Undip



LAPORAN KINERJA AKHIR TAHUN
SENAT MAHASISWA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS DIPONEGORO
PERIODE 2011

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puja dan puji syukur hanya tertuju kehadirat Allah SWT, Rabb Semesta Alam  yang telah melimpahkan Rahmat, karunia serta hidayah-nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita masih diberikan waktu untuk melanjutkan perjalan hidup serta kita masih diberi kesempatan untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah kami lakukan selama setengah tahun ini. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi kita Nabi Muhammad SAW selaku murobbi kita yang membimbing kita ke jalan yang lurus, yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah, dan juga shalawat serta salam kepada keluarganya, sahabat, tabi’in, tabi’it, serta alim ulama yang tetap istqomah di jalan- Nya.

            Rekan mahasiswa sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan kinerja yang telah dilakukan Senat Mahasiswa FMIPA selama satu periode kepengurusan ini. Pada periode kepengurusan 2011 ini Senat Mahasiswa memiliki karakteristik khusus, yang berbeda Senat Mahasiswa sebelum-sebelumnya. Senator yang menjabat kebanyakan adalah orang baru dalam lembaga legislative mahasiswa. Ini menjadi konsekuensi dari sitem yang ada saat ini ada, senator di FMIPA adalah perwakilan dari masing-masing jurusan di fakultas yang dipilih melalui pemira dengan sistim ditrik. Kondisi ini menuntut semua senator untuk belajar legislative lebih cepat, terkait tuga yang diamanahkan oleh mahasiswa jurusan dari senator berasa. Komposisi senator periode kali ini 25% adalah senator sebelumnya, 50% adalah pindahan dari lembaga eksekutif, dan 25% adalah mahasiswa baru. Nilai tadi mungkin terlihat cukup besar, namun saat mengingat senator pada periode kali ini yang berjumlah 8 orang. Jumlah 8 orang senator memang sering menjadi kendala dalam melakuan aksi, namun ini juga menjadi tantangan untuk para senator untuk memberikan kontribusi pada FMIPA. Mengingat pada periode 2011 ini banyak sekali aspirasi dari mahasiswa FMIPA yang masuk ke senat mahasiswa.

            Senat Mahasiswa FMIPA merupakan lembaga tinggi pemegang kekuasaan legislatif di tingkat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Diponegoro. Senat Mahasiswa memiliki peran: legislasi, pengawasan dan anggaran. Melanjutkan kinerja senator sebelumnya ketiga peran senat mahasiswa ini kami berusaha melaksanakan seoptimal mungkin. Sebagai pegangan arahkan kerja senat mahasiswa membentuk visi dan misi baru yaitu:

Visi :
Menjadikan Senat Mahasiswa FMIPA Undip organisasi kemahasiswaan yang mengacu pada kekeluargaan yang harmonis dengan menjunjung tinggi nilai religius dan intelektualitas.

Misi :
1.) Menjalin hubungan baik antara senat mahasiswa mipa dengan lembaga mahasiswa dan civitas akademika FMIPA
2.) Optimalisasi fungsi senat mahasisawa dalam hal peningkatan pelayanan
3.) Menjembatani aspirasi antara Mahasiswa dengan Birokrasi

Beberapa program dan hasil yang telah senator 2011 hasilkan antara lain:
  1. Budgeting lembaga mahasiswa
  2. Amandemen UU Alur Kaderisasi
  3. Amandemen UU PMB
  4. Amandemen UU Pemira
Selain program yang menghasilkan UU, senator 2011 juga melaksanakan program lain seperti:
  1. Advokasi Regristrasi Mahasiswa Baru
  2. Advokasi Beasiswa
  3. Advokasi Pembayaran SPP
  4. Advokasi Pengaktifan Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mangkir
Untuk menambah wawasan senator, senat mahasiswa periode 2011 mengikuti beberapa agenda penunjang:

  1. Musyawah Keluarga Mahasiswa Undip 2011 (Amandemen PPO & GBHK KM Undip dan pembuatan Platform KM Undip)
  2. Kongres Ikatan Lembaga Legislatif Mahasiswa (IKLIM-MIPA), (Pembuatan Jaringan Senat Mahasiswa MIPA Seindonesia)
Selain itu untuk memperbaiki kaderisasi di senat mahasiswa sendiri, mengingat setiap tahunya kaderisasi di senat mahasiswa memiliki kendala senator baru kurang memiliki wawasan tentang legislative. Beberapa agenda yang pernah dilaksanakan:

  1. Sekolah Senat bersama Senat KM Undip dan Senat Fakultas Se-Undip
  2. Legislatif Training, Agenda SM FMIPA & SM FKM dengan tujuan pembekalan untuk calon senator baru di fakultas
Kami menyadari masih belum banyak aspirasi dari mahasiswa FMIPA yang belum terakomodir. Bukan berarti tidak sampai atau tidak mendapat tanggapan, tetapi proses untuk merealisasikan aspirasi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maka Saat LPJ Akhir kali ini Senat Mahasiswa mengajak semua lembaga untuk siding PPO GBHK MIPA, mengingat Aspirasi ini sudah tertahan sejak 5 tahun yang lalu. Dimana PPO terakhir itu di sahkan tahun 2007, yang mana banyak lembaga baru yang belum tercakup dalam aturan baru tersebut.

Selain itu untuk aspirasi yang lain seperti peraturan etika kampus, kami menyadari untuk mendapatkan legislasi dari birokrasi masih ada banyak kendala sehingga ini belum bisa kami goal kan pada periode ini. 

Demikian laporan kinerja ini kami buat, semoga dapat menjadi evaluasi bagi kami pada khususnya dan bisa memberikan data yang lebih baik untuk senator selanjutnya. Senat Mahasiswa juga hanyalah manusia biasa tentu saja memiliki banyak kekurangan. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

“Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh.” 
(Andrew Jackson)

Ketua Senat Mahasiswa FMIPA Undip 2011

Kelik Isbiyantoro

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar