Mukoyam Pandu Keadilan Dasar 2 (MPKD 2)


Assalamu’alaikum Sahabat Konno Semua, lama sekali sudah Konno tidak menggerakkan jari-jari ini untuk menulis kembali. Bukan karena tidak ada bahan untuk di share, tapi lebih karena Konno ada kegiatan lain yang lebih menyita waktu. Oke, Inysa’allah mulai sekarang Konno akan sering menulis lagi. Sekarang Konno akan bercerita tentang pengalam Konno mengikuti Mukoyam Dasar Pandu Keadilan 2 (MPKD 2) pada 23-25 maret kemarin.



Sebenarnya sudah lama sekali Konno di ajak untuk ikut mukoyam ini, namun barun tahun ini bisa melaksankannya. Sahabat anda sudah tahu apa belum apa itu mukoyam? Sebenarnya saya sendiri belum paham, tapi setelah mengikuti mukoyam saya sudah sedikit mengerti. Sedikit saja lho… jadi tar yang Konno ceritakan juga sedikit, tidak sedetail yang Konno lakukan saat mukoyam. Pertama Mukoyam adalah salah satu sarana tarbiyah, sesuai dengan yang ada di Manhaj 1421 buku panduan pembinaan kader-kader islam dan dakwah, Manhaj Tarbiyah Islamiyah 1421H, Bab IX tentang sarana. Kegiatan mukoyam sendiri terdiri dari tiga unsur tarbiyah ruhiyah, tarbiiyah fikriyah dan tarbiyah jasadiyah, meskipun porsi tarbiyah jasadiyah lebih dominan. Selain itu mukoyam merupakan kegitan wajib tahunan, jadi minimal satu tahun sekali wajib ikut bagi kader tarbiyah. Gimana sahabat, bahasanya agak ribet ya? Intinya kegiatan mukoyam ini lebih banyak berisi kegiatan training fisik dan wajib dilaksankan minimal satu kali setahun.

Mukoyam sendiri terdiri dari beberapa jenjang:
1.) MPK Dasar 1 untuk anggota mula
2.) MPK Dasar 2 untuk anggota muda
3.) MPK Menengah 1 untuk anggota madya
4.) MPK Menengah 2 untuk anggota dewasa
5.) MPK Lanjut 1 untuk anggota ahli
6.) MPK Lanjut 2 untuk anggota purna

Untuk yang wajib diikuti adalah dasar 1 dan dasar 2, meskipun sebenarnya saya pengin sekali bisa mengikuti semuanya. Kalo ingat luar biasanya apa yang saya rasakan dan dapatkan pada MPKD 2 kemarin, saya jadi ingin ikut semua MPK itu. Inysa’allah bisa terrealiasasi, do’akan ya kawan.

Seperinya Konno senang sekali ya? Ya benar sekali, sudah sering saya ikut training outdor, training camp, ataupun outbond baru kali ini Konno merasa sangat senang dan puas dengan apa yang sudah didapatkan. Pada MPKD 2 yang Konno laksanakan kemarin kegiatannya terbagi menjadi 3 hal:

1. Tarbiyah Ruhiyah
Meskipun MPKD ini dilaksanakan di hutan, tepatnya di bumi perkemahan Limut, Gonoharjo, Kendal yang notabene lingkungannya berisi hutan karet, kebun kopi dan teh, serta daerahnya yang berupa perbukitan tetapi kewajiban sholat 5 waktu, sholat lail, sholat dhuha, tilawah masih menjadi kewajiban yang harus dilaksankan. Selain itu kita juga mendapatkan taujihah dari beberapa instruktur, yang semakin memotivasi untuk mengikuti MPKD 2.

2. Tabiyah Fikriyah
Selain keajiban rhuiyah yang wajib untuk dilaksanakan, di sini peserta MPKD 2 juga diajari beberapa kemampuan dasar dari kepanduan.
a.       Kemampuan Tali Temali
b.      Kemampuan Beladiri Praktis
c.       Kemampuan PBB (Pelatihan Baris Berbaris)
d.      Kemampuan P3M (Pertolongan Pertama Pada Musibah)
Pada saat materi P3M ini peserta di ajari banyak hal:
a.)    Cara menolong korban kecelakaan lalulintas
b.)    Cara menolong Korban tenggelam di perairan
c.)     Cara menolong korban bencana kebakaran
d.)    Cara menolong korban patah tulang
e.)    Cara menolong korban di gigit ular beracun
f.)     Cara mendeteksi orang meninggal

Pada MPKD 2 ini juga ada agenda Hafla atau penampilan seni banyak sekali penampilan-penampilan yang menarik dari para peserta MPKD 2 ini. Ada yang melakukan drama, komedi, baca puisi dan yang jelas saat itu dilarang keras bernasyid. Wah senjata andalannya sudah dimatikan dulu nih.

3. Tarbiyah Jasadiyah
Jasadiyah merupakan agenda dengan porsi yang paling besar pada MPKD 2. Peserta diwajibkan untuk melaksanakan push up, back up, sit up, squat jump masing-masing 50 kali setiap hari. Itu kewajiban rutin peserta, untuk materinya:
a.       Games Team (tarik tambang, merayap ditanah, menyebarang tali)
b.      Lari cepat naik turun bukit +- 6 km
c.       Long mars dengan lama perjalanan +- 6 jam
d.      Perang-perangan
e.      Dan yang paling menegangkan, Tidur di atas Pohon

Meski agenda jasadiyah yang sangat padat dan banyak tapi peserta tetap melaksanakan semua agenda dengan senang. Selain menguras energi fisik, MPKD 2 ini juga memberi tekanan pada mental psikologis peserta. Jadi tidak heran jika setelah mengikuti MPKD 2, peserta menjadi memiliki semangat yang lebih dari sebelumnya.

Untuk sementara yang bisa Konno ceritakan itu dulu ya. Oh iya ada yang kelupaan, di MPKD 2 kami juga diajari Mars Korsad – Jejak, di klik aja kalo mau download atau baca liriknya.

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar