Tips Meraih kebahagaiaan


Kebahagiaan adalah impian semua orang. Semua orang yang hidup di dunia ini menginginkan kebahagiaan, laki-laki, perempuan, anak-anak taupun orang dewasa semua ingin bahagia. Kebahagiaan itu adalah sesuatu yang tidak dapat diukur karena parameternya berbeda-beda setiap orang. Namun ada hal yang sama, langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai kebahagiaan itu setiap orang sama. Untuk mencapainya diperlukan usaha keras dan perjuangan yang pantang menyerah. Ini adalah tips memeperoleh kebahagiaan yang disampaikan oleh Pak Ujo dalam kutbah sholat tarawih di Masjid KU. Semoga bermanfaat dan selamat membaca:

1. Kebutuhan Material
Seseorang yang ingin bahagia membutuhkan materi, harta diperlukan untuk mencukupi kebutuhan. Apabila kita tidak memiliki harta maka kita akan sulit mencapai kebahagiaan materi, namun harta bukanlah segalanya. Harta hanyalah salah satu elemen yang akan mendukung kita mencapai kebahagiaan. Masih ada hal lain yang perlu dilengkapi setelah kita memiliki harta, karena banyak orang yang berharta namun tidak bahagia. Dia sibuk memikirkan hartanya, sehingga malah menimbulkan ketidak tenangan dalam dirinya dan merasa takut kalo hartanya kan direampok ataupun dicuri orang. Sungguh malah apabila hal ini terjadi.

2. Kebutuhan Sosial
Untuk melengkapi kebahagiaan kita harus memiliki jiwa social, kita harus memiliki teman. Dengan berteman kita memiliki seseorang orang untuk berbagi kebahagiaan. Teman akan hadir menemani saat kita butuh seseorang, untuk berbagi baik suka maupun duka. Saling membantu dan tenggang rasa serta saling memotivasi, serta mempercepat kita dalam mencapai kebahagiaan. Namun masih ada juga orang yang punya harta dan teman, tapi dia tidak bahagia. Seperti halnya artis mereka memiliki harta yang melimpah dan banyak fans, namun itu semua belum cukup untuk memperoleh kebahagiaan itu, karena masih ada hal yang meraka rasa kurang.

3. Kebutuhan Intelektual
Manusia dalam yang ingin mencapai kebahagiaan harus memiliki intelektualitas, karena dengan begitu mereka bisa menghadapi permasalahan hidup diperlukan kecerdasan intelektualnya. Banyak hal yang membuat orang bahagia karena memiliki intelektual, seperti halnya para ilmuan mereka sangat bahagia ketika mereka bisa menemukan sebuah hasil karya penelitian yang bermanfaat untuk orang lain. Namun masih ada saja orang orang yang cerdas, memiliki banyak teman dan harta melimpah tapi tidak bahagia. Hal ini karena mereka tidak memiliki hal yang bisa menetralisir ketika beban pikiran mereka menumpuk atau stress. Untuk itu diperlukan satu poin lagi.

4. Kebutuhan Spiritual
Poin yang terakhir adalah kebutuhan spiritual, atau kerohanian yang kita kenal dengan agama. Banyak orang yang mengalami kesulitan ketika beradapasi dengan lingkungan baru, sehingga mereka mengalami stress. Bagi orang yang tidak memiliki agama pasti akan berpikir untuk bunuh diri, seperti halnya di jepang negara yang maju dan terkenal denga kemajuan teknologinya. Namun dinegeri ini pula banyak orang yang bunuh diri karena mengalami tekanan permasalahan hidup. Apabila kita bandingkan dengan orang indonesi meskipun orang Indonesia memiliki tekanan besar seperti hanya saat tahun 97’ saat terjadi krisis moneter. Saat itu semua orang mengalami tekanan untuk mencukupi kebutuhan, namun sangat sedikit yang mengalami bunuh diri, hal ini terbukti bahwa agama memberikan ketenangan dan memberi motivasi seseorang untuk bertahan dalam tekanan. Sehingga orang bisa mencapai kebahagiaan
Apabila kita ingin mencapai kebahagiaan maka keempat point diatas harus kita penuhi, tidak bisa dengan menggunkan beberapa saja. Karena semua itu saling berkaitan dan melengkapi.



Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar