Hasil Diluar Dugaan

Pada 2 juni lalu saya mengikuti Workshop Menghafal Al Qur'an di kampus IPB Padjajaran. Awalnya mendapat info dari kawan. Seteleh melihat pamfletnya saya jadi tertarik, karena di sana ada Tilawah Chek Up. Saya ingin tahu sampe sejauhmana kemampuan tilawah saya dan menambah motivasi mengahfal Al Qur'an.

Setelah administrasi selesai, acara dimulai jam 8 lebih. Tadinya saya takut telat karena hampir setengah sembilan baru sampai di ruang mahoni MB IPB. Saya sedikit salah perhitungan saat maik krl, dari cawang saya berangkat jam 7 lebih 20 menit. Ternyata butuh 1 jam perjalanan. Setelah itu masih harus naik angkot. Berungnya saya, di angkot ada teteh yang satu tujuan. Saya jadi aman perjalanan menuju tkp.

Sesampainya, seperti biasa masih ada sambutan dan tetekbengeknya. Di sela-sela itu peserta di panggil keluar untuk Tilawah Chek Up. Pas saya di panggil, saya sudah sangat PD kalo nanti bakal masuk 20 besar terbaik. Sudah banyak berlatih tilawah, dan sempat ikut ODOJ. Di depan penguji saya diminta baca copyan dari beberapa surat Al Quran. Alhamdulillah lancar bacanya. Selesai itu penguji bertanya, ikutan tahsin? Saya jawab, secara resmi tidak tapi di kantor ada pengajian tiap kamis malam. Di situ sambil mengaji tilawah kami di koreksi dan di benerin sama pak ustadz. Selesai itu penguji mempersilahkan saya kembali ke ruangan workshop. Itu hasilnya tidak di sampaikan, tanya saya. Nanti setelah selesai acara katanya.

Lanjut saya mengikuti workshop. Mendengarkan materi di sesi pertama sangat membantu meningkatkan motivasi saya kembali menghafal. Saya pun sempat bertanya, gimana ya ustadz, saya itu sering menghafal tapi gak selesai. Karena lama gak selesai saya pindah ke surat lain, lama gak selesai juga saya pilih murojah. Eh hafalan lama saya hilang. Apa yang harus saya lakukan, tanya saya.

Ustadz menjawab, menghafal itu harus ada tujuannya. Tujuan realistis dan dapat diukur ada batasan waktu pula. Targetin saja selama beberapa waktu untuk hafal surat ini, atau juz ini, atau ayat ini. Ke ukur dan realistis. Jangan kita bikin tujuan yang tidak realistis misal dalam 5 bulan hafal 30 juz. Ukur kemampuan diri dulu, karena selain menghafal tetep kerja juga, tetep bersosial juga. Berimbang hidupnya. Untuk hafalan baru yang gamlang hilang, hafalan baru itu ibarat hewan buruan yang belum jinak, masih bisa kabur. Sering-sering di murojaah agar semakin kuat hafalannya dulu, selain itu berlatih pula merangkai hafalan. Agar hafalannya bisa saling menyambung dan berkaitan.

Di materi yang kedua saya lebih banyak ngantuknya karena, isinya teori tentang makhrojul huruf. Bagaimana pengucapan huruf, dan lagi saya tidak masuk 20 besar. Meski intervalnya di naikkan jadi 30 besar saya tidak masuk juga. Sedihnya... 

Setelah selesai dan di beri hasil TCU saya kaget sekaligus sedih ternyata nilai saya "D" ...

Sedih rasanya, awalnya saya kira bacaan saya sudah lancar. Baca sih lancar tapi belom benar bacanya. Kalo kata moderator, tilawah itu melancarkan bacaan, kalo benar enggaknya tetep harua ikut tahsin. Supaya benar pengucapannya, benar pula cara membacanya.

Pesen dari penguji, di lanjutin ngajinya. Tingkatin di ghunnah dan makhrojul huruf. Tetep semangat ya... 

Meski agak sebel juga, mau gimana lagi. Kalo bacaannya baik dan benar siapapun yang nguji hasilnya akan sama. Ku harus bisa bisa berlapang dada... Nyanyi Sheila On 7 yang ternging dikepalaku, sambil balik ke jakarta.

Begitulah pengalamanku ke IPB.
Salam
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar