Sholat Subuh Dikereta

Hari ini aku melakukan perjalanan jarak jauh. Dari Jakarta menuju Semarang, dengan perjalanan dimulai jam 23.00 dan perkiraan sampai tujuan jam 6 pagi. Secara matematis waktu sholat subuh berada pada saat perjalanan.

Secara terori tinggal sholat saja, ambil wudhu sholat di tempat duduk. Ternyata kenyataannya banyak yg ragu untuk sholat di kereta ini. Entah mungkin karena kurang pede atau yang lainnya. Alhamdulillah, saya ingat nasehat ustadz Yunus. Kalo udah masuk waktu sholat, sholatlah. Dimanapun tempatnya, selama masih di bumi Allah dan tempatnya bersih lakukan saja.

Apalagi ini di Indonesia, sebagian besar muslim. Bukan di luar negeri yang muslim jadi minoritas dan dipersepsikan buruk seperti di negara barat. Setelah memiliki cukup kebkeberanian saya ambil wudhu di toilet kereta. Dan sholat dengan cara sholat duduk. Saya bilang dulu dengan penumpang yang duduk depan kalau mau sholat. Kalo kata ustad Yunus sholat saja, yang penting bilang sama yang duduk disekitarnya biar ga curiga. Kalo dilihat gimana, alhamdulillah jadi dakwah. Ngasih contoh sholat diperjalanan dan sholat duduk.

Setelah saya selesai sholat, ada beberapa penumpang yang dari toilet berwudhu. Meski belum semuanya, alhamdulillah bisa memberi contoh.

Ini bukan pertama kalinya saya sholat dikereta, beberapa bulan lalu saat perjalanan yang sama kesemarang saya sholat dikereta juga. Bedanya waktu itu saya berdua dengan teman, jadinya ada yang ngingetin dan nemenin. Kalo sekarang sendiri godaannya lebih besar.

Ini ceritaku, apa ceritamu.
Salam
Konno Yuki

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar