Tips Bermain Futsal Ala Konno Yuki


Futsal merupakan olahraga yang popular sekarang. Permainan yang mirip dengan football atau sepakbola ini sangat di gandrungi oleh anak-anak, remaja ataupun orang tua. Dengan lapangan yang lebih kecil dan jumlah pemain yang hanya lima orang untuk masing-masing tim, membuat permainan ini sangat menarik, karena banyak melatih skill atau teknik dalam memainkan bola. Berbeda dengan sepakbola yang dituntut memiliki fisik yang kuat dan kesempatan untuk menunjukan skill sangat sedikit, kecuali anda pemian professional seperti, C. Ronaldo, L. Messi, Ronaldinho atupun pemain professional  yang lain. Balik ke futsal, futsal identik dengan permainan indoor atau dalam ruangan. Sehingga aman jika lagi hujan sekalipun, namun tetep harus hati-hati karena cedera tetap bisa menghampiri.

Ini beberapa tips dari Konno buat yang ingin bermain futsal:
1.Gunakan pakaian yang menyerap keringat
Biasanya saat main futsal badan akan penuh dengan keringat karena selalu digerakkan. Dengan pakaian yang menyerap keringat akan membuat anda nyaman selama bermain.

2.Gunakan sepatu futsal
Kadang ada yang tidak pakai saat maen. Untuk meningkatkan performa gunkan sepatu karena sangat membantu dalam menggiring, menendang dan mengerem saat berlari. Ini juga bisa memberikan proteksi pada kaki anda dari cedera karena benturan.

3.Lakukan pemanasan dan pendinginan
Melakukan pemanasan sangat membantu otot-otot kita agar tidak kaget saat bermaian. Ini membuat otot lebih lentur dan menghindari kram. Cukup pemanasan 4-5 menit, sementara pendinginan dapat meregangkan otot yang sedang panas dan kencang serta mencegah varieses.

4. Hindari kontak fisik dengan pemain lain
Peraturan futsal sama ketatnya dengan basket dan sepak bola. Kontak fisik seriusa kan diberi pelanggaran. Selain terkena pelanggaran kontak fisik rentan member anda cidera.

5. Jangan minum terlalu banyak saat dan setelah bermain
Terlalu banyak minum akan berakibat buruk pada saraf dan jantung karena tubuh yang sedang panas berkeringat langsung di timpa air bisa jadi badan kita drop. Selain itu hindari minum air yang panas dan dingin.

6.Oper, Drible, Oper/Shoot
Dalam bermain futsal dengan lapangan yang kecil menuntuk semua pemainnya memiliki teknik menggiring bola yang baik. Setelah menerima opera jangan buru-buru mengoper, lakukan drible mseki hanya sebentar. Itu akan membantu teman yang lain mencari posisi dan sedikit beristirahat. Seringlah melakukan operan, ketika sudah dekat gawang dan dapat peluang langsung shoot ke gawang. Peluang mencetak goal lebih besar.

7. Shoot Atau Menendang Bola
Ada 4 cara menendang dengan bagian dalam kaki, bagian luar kaki, ujung kaki dan punggung kakai. Semuanya bagus, untuk bola datar bisa menggunakan tendangan kaki bagian dalam ini akan mempermudah anda dalam mengendalikan bola. Tapi jika anda suka dengan  tendangan keras anda bisa menggunakan ujung kaki, dengan tendangan ini pergerakan bola cepat dan sulit ditebak arahnya.

8. Bermain Cepat dan Berputar
Dalam bermain futsal lebih baik melakukan rotasi pemain, atau berputar. Posisi bisa saling bertukar dengan pemain lain, selain bisa mengecoh lawan cara ini bisa membuka celah-celah pertahanan lawan. Lakukan permainan ini dalam tempo yang cepat, jadi jangan terlalu lama menggiring bola seperti bermain sepak bola. Karena itu akan memperlambat permainan dan bola akan mudah untuk direbut lawan.

Begitulah tips bemain futsal dari Konno, ini sudah saya praktikkan dan hasilnya permainan menjadi sangat menarik. Dan lumayan sering mecetak gol. Intinya saat bermain futsal adalah bagaimana anda menikmati permaian dan bisa bergembira dengan permainan itu. Selamat mencoba.

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar