Sepotong Episode (Hijabmu Mengalihkan Duniaku) part 1 "M"

Awal mula dari episode ini ialah saat pagi hari yang begitu cerah di kota yang indah, Klaten. Lebih tepatnya diperbatasan dengan Jojakarta. Ditempat yang penuh dengan impian dan mimpi para pemuda Klaten, ya di sekolahan SMA N 1 Cawas. Sebagai seorang siswa kelas 3 SMA yang disibukkan dengan mempersiapkan diri untuk masuk Kuliah dan UNas, sebut saja dia "K" seorang pemuda yang penuh misteri. Aktifitas kesehariannya layaknya siswa SMA lainnya, berangkat sekolah pagi-pagi dan pulang sore hari. K adalah siswa yang kurang perhatian masalah sosial, kesehariannya di isi dengan maen game, nonton tv dan jalan-jalan. Orang tua K sampai bingung bagaimana mengarahkan anak ini.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar K bisa di bilang siswa yang pintar, namun kebiasaan buruknya yang sulit untuk di ajak dalam kegiatan sosial terutama yang ada disekitarnya. Dia lebih senang bermain sendiri dari pada kumpul dengan teman-temannya. Hal ini terjadi karena sejak kecil K sering dilarang apabila ingin keluar bermain. Sampai pada suatu hari dia mengenal video game yang membuatnya terobsesi dari nitendo, PS1 sampe PS2. Video game mebuat anak ini semakin individualis dan susah untuk bersosial, wataknya sangat jelas saat dia duduk di SMA. Stelah masuk SMA anak ini lebih senag sendiri meski ada banyak orang, jumlah temanya sedikit karena hanya beberapa saja yang bisa ngerti pemikirannya.

Saat kelas 3 SMA, K mulai sedikit ada perubahan, wataknya yang individual menjadi sedikit berubah saat dia diminta untuk menjadi ketua kelas. Lumayan mulai mau ngomong sama orang. Namun ego anak ini tetap saja sulid untuk ditekan, rasa ingin menang sendiri tetap kuat. Sampai pada suatu hari terjadi sesuatu pada temannya I. I mengalami kecelakaan yang parah, dia mengalami gagar otak ini membuat K syok. Karena yang mengajak I pergi jalan-jalan adalah K, sehingga I mengalami kecelakaan parah itu. I harus dirawat dirumah sakit cukup lama karena luka yang ada di bagian kepalanya.

Rasa bersalah menghinggapi K cukup lama, setelah lebih kurang 1 minggu setelah insiden itu K berjalan-jalan di lorong kelas dan membaca mading yang ada untuk menghibur diri dan mencari hiburan. Sampai pada sebuah pamflet yang membuat K terkesan, kalo tidak salah judulnya " aksi 1000 hijab". K merasa binggung apaan ini, gak jelas banget pikirnya. Untuk K yang pemahaman agamanya minim hal ini sangat membuat dia heran. Dengan niat iseng dan jail K SMS ke no yang tertulis di pamflet tersebut. Tak di sanggka SMS yang niatnya iseng ditanggapi serius mbak-mbak yang nonya tertulis di pamflet itu sebut saja mbak itu M. K memanfatkan kesempatan itu untuk bertanya tentang masalah keagamaan kepada M.

Tidak tahu kenapa K semakin sering bertanya kepada M tentang keagamaan, dia merasa saat berdiskusi dengan M bersalah karena kecelakaan I menjadi berkurang. Respon dari M pun juga baik, dan menjawab K yang saat itu merasa gundah dan bersalah atas banyak kejadian yang dialaminya.

Sautu pagi K melihat seorang siswi yang aneh. Pakiannya tertutup jilbab yang sangat lebar, dalam hati dia berbisik ni orang terobsesi superman pa ya? jilbabnya dah kaya jubah superman. K memperhatikan siswi itu dengan teliti, seperti anak kecil yang bertemu maenan baru. Tak hanya penampilannya yang aneh sikapnya pun juga aneh, K yang baru pertama kali bertemu dengan orang seperti ini merasa tertarik dan timbul seribu pertanyaan dama dirinya. Saat sedang sendiri dia ingat denan M, mungkin saja M bisa membantu menjawab pertanyaan yang ada pada dirinya sejenak menunggu jawaban dari M ternyata benar, M menjelaskan dengan panjang lebar, sampai tidak tahu berapa sms yang masuk di inbox hpnya. Kurang lebih jawabannya behigini, hal yang dilakukan siswi tersebut sesuai dengan perintah agamanya tentang berpakaian dan sikapnya. K yang awam hanya manthuk-manthuk mengetahui jawaban M seperti itu.

Hapir setiap hari K mengawasi siswi tersebut, seperti peneleiti he he he. Karena siswi itu memang berbeda, ada teman K yang berpakaian sama namun sikapnya berbeda dengan sikapnya. Ini membuat K semakin penasaran karena masih ada banyak pertanyaan dalam dirinya.

Sampai pada suatu hari saat K pergi ke koperasi sekolah dia melihat siswi itu ada di sana tampaknya dia adalah petugas di situ. Dengan memberanikan diri K masuk ke koperasi sambil sedikit omong-omong K memperhatikan siswi itu. K sedikit mengajak siswi itu bercanda, namun hanya ditanggapi dengan senyum saja. K merasa senang melihat senyum siswi itu. Siswi yang berpakaian aneh, dan siakapnya juga aneh ternyata kalo senyum manis banet ^_^.

Saat mau pulang sekilas K melihat tanda identitas nama siswi itu, betapa kaget K saat itu. Siswi yang selama ini dia teliti itu adalah M, mbak-mbak yang sering dia tanya saat dia kebingungan masalah agama. Sebuah perjumpaan yang diluar dugaan K, karena M adalah orang yang sangat dihormati oleh K meski hanya mengenalnya melalui sms saja.

Sejak saat itu K sangat jarang bertemu dengan M,karena K lulus sekolah dan melanjutkan kuliah disemarang, sedang M naik kelas 3. perjumpaan yang meski sebentar namun banyakpelajaran yang diberrikan oleh M pada K.

akankan ada waktu untuk bertemu lagi dengan M,...

salam rindu sari K buat M...



cukup segini dulu ya...

to be continue...

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar