TAMBAL BAN TUBLES

Assalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatuh

Pernahkah anda melakukan suatu perjalan jauh dengan menggunakan kendaraan transportasi berroda. Motor , mobil, pesawat dan lain-lain yang jelas bukan kereta api atau lokomotif lho…

Bagaimana perasaan anda saat ditengah perjalanan tiba-tiba ban kendaraan anda kempes, panic, bingung, pusing ataukah menangis. Tentu setiap orang akan melakukan hal-hal yang berbeda-beda, yang pasti anda akan kesulitan untuk melanjutkan perjalanan karena rodanya mengalami kesuitan untuk menggelinding. Apakah anda berfikir untuk meninggalkan kendaraan dijalan begitu saja, dengan resiko ditemu orang ya kalo yang nemu saudara sendiri, kalau orang yang punya niat tidak baik.dalam kondisi seperti ini hal yang lazim dilakukan orang saat mengalami musibah seperti itu ialah mencari tukang tambal ban tubles, dan segera minta untuk menservis ban kendaraan agar bisa dipakai lagi dan melanjutkan perjalanan anda tentunya.
Hal seperti itu bisa dilakukan apabila anda dekat dengan tukang tambal ban, kalau anda sedang ada di tengah hutan belantara yang lampu aja gak ada, malam-malam yang peteng ndedet meneh. Naudzubillah, semoga hal itu tidak terjadi pada kita. Disini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya saat mengalami kejadia seperti itu. Bisa di bilang saya sudah sering mengalami masalah seperti ini, sejak saya mulai bisa mengendarai pit ontel sampai bisa mengendarai sepeda motor. Maaf saya belum bisa mengendarai mobil, ya karena belum pernah latihan aja, apa lagi pesawat naik aja lum pernah. Do’ain supaya saya bisa naik pesawat ya. Amin, tapi gak perlu sampai ban pesawatnya bocor ya!  kasihan pilotnya lah nyari tukang tambal ban pesawat susah lho. He he he becanda aja sih kamu…

Ok balik lagi ke permasalahan, dari pengalam yang saya alami, kadang harus ndorong motor jauh banget buat nyari tukang tambal ban, atau ada yang deket tapi gak ada duit buat bayar udah sering di alami. Apa pendapat anda dengan tukang tambal ban tersebut? Saat anda sedang mendapat musibah, tapi bagi mereka itu merupakan anugrah, rezki yang datang dari Allah. Tentunya saya harap anda berfikir positf pada saat itu. Sebab tanpa ada merek anda akan kesulitan menyelesaikan permasalahan itu. Mungkin saat akan melakukan perjalanan anda berdo’a:”Ya Allah jagalah aku dalam melakukan perjalan ini, semoga perjalan ini lancar tidak ada permasalah di perjalan saya dan sampai tujuan dengan selamat. Amin”. Itu mungkin do’a anda, kalo do’a si tukang tambal ban. Kira-kira,”Ya Allah berkanlah aku kekuatan untuk mencari dari rezkimu di hari ini, semoga usahaku laris dan banyak yang mampir kebengkelku, namun jagalah orang-orang yang mendapatkan musibah karena ban mereka yang bocor semoga meeka selamat menghadapi musibah itu. Amin”. Bagaiman do’a yang sulitkan kita mengharapkan rezki, namun berasal dari kesulitan orang lain. Berat-berat, yang penting ikhtiar aja pak tambalban kan usaha yang halal. Jadi buat anda yang mengalami musibah ini saya punya sedikit saran:

Pertama
dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"[101]. mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
Q.S. Al Baqarah 155-157
[101] Artinya: Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. kalimat ini dinamakan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah). Disunatkan menyebutnya waktu ditimpa marabahaya baik besar maupun kecil.
Yupz, ucapkan "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun", sabar dan jangan panic.

Kedua
karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Q.S. Alam Nasyrah 5-6
Yakinlah sesudah kesullitan ada kemudahan, itu janji dari Allah. Bahkan sampai dua kali janji itu.

Ketiga
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat.

Q.S. Al Baqarah 214
Yakinlah pertolongan Allah itu akan datang setelang cobaan itu datang dan pertolongan itu sangat dekat.
Tips-tips sebelum bepergian:
1. Periksa kondisi kendaraan (mesin, bensin, oli, rantai dan ban)
2. Bawa uang sedikit lebih banyak
3. Ajak teman kalo ada, usahakan jangan sendirian
4. Bawa alat komunikasi (hp, telphon, pager, brik dll)
5. Pamitan dengan keluarga dan berdo’a sebelum berangkat
Sedikit saran dari saya semoga bermanfaat, bagi anda yang akan bepergian dengan kendaraan semoga sampai pada tujuan dengan selamat dan perjalan anda barokah.
Assalamu’alaikumwarohmatullahiwabarokatuh

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar