Saat Keragu-raguan Menghampiri

Pagi ini aku kembali merasakan hal yang aneh, sudah aku rencanakan untuk setelah sholat subuh untuk tidak tidur dan kembali murojaah hafalan qur'an. Sesampainya di kamar kos, tiba-tiba saja muncul rasa was-was (ragu-ragu) lanjut murojaah tidak ya? Sampai akhirnya pikiran negatif mempengaruhi tindakkanku. Aku lebih memilih untuk menonton tv dari pada melaksanakan planing awal.


Rasa was-was (ragu-ragu) ini sering sekali hadir ketika sudah menjadwalkan sesuatu, terkadang diri ini bisa mengatasinya. Sering juga diri ini kalah, seperti pagi hari tadi. Siangnya disela-sela bekerja aku sempatkan diri untuk mencari doa menghilangkan ragu-ragu. Alhamdulillah google sangat membantu sekali, berikut adalaha doa yang aku temukan lengkap beserta sumbernya:

_____________________________________________________________________________________

Do’a untuk menghilangkan rasa was-was:
ﺍﻤﻧﺎ ﺒﺎﺍﷲ ﻭﺮﺴﻭﻟﻪ ﻫﻭﺍﻻﻭﻞ  ﻭﺍﻻﺨﺮﻭ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﻭﺍﻟﺒﺎﻂﻦ ﻮﻫﻮ ﺒﻜﻞ ﺸﻴﻰﺀ ﻋﻟﻴﻢ

Aamanna Billaahi Warusulihi Huwal Awwalu Wal Aakhiru Wazh Zhoohiru Wal Baathinu Wa Huwa Bikulli Syai"in ‘Aliimun.“

Artinya : “Kami telah beriman kepada Allaah dan kepada segenap Rasul-Nya, Dialah yang tidak berawalan dan tidak berakhir, dan Dialah yang nyata dan yang bersembunyi, Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu “.

Menurut riwayat Ibnu Sunni yang bersumber dari ‘Aisyah Radhiyallaahu ‘Anhaa, bahwasanya Rasuulullaah Shallallaahu ‘alaihi Wa Aalihi Wa Sallam bersabda: “Barang siapa yang menemukan was-was didalam hatinya. yaitu ; Allaah menjadikan makhluk ini, lalu siapakah yang menjadikan Allah itu? maka hendaklah ia membaca “Aamanna Billaahi warusulihi“, sebanyak 3 kali.karena dengan demikian dapat menghilangkan keraguan/was-was itu dari padanya
.

Menurut riwayat Abu Dawud yang bersumber dari Abu Rumail Radhiyallaahu ‘Anhu bahwa ia berkata : “Aku menceritakan kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallaahu ‘Anhu tentang yang aku alami yang terjadi didalam dadaku. Ia bertanya : “Apakah itu? “. Aku menjawab : Demi Allah, aku tidak dapat menceritakannya. Ia berkata kepadaku : “ Apakah itu, sesuatu yang berupa Keraguan? seraya tersenyum kemudian ia melanjutkan ucapannya: “Tiada seorangpun selamat dari padanya hingga Allah menurunkan Firman-Nya (yang artinya) : “Maka jika kamu berada didalam keragu-raguan tentang siapa yang Kami turunkan kepadamu maka tanyakan kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya setelah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali  kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu “.(Al Quran Surat Yunus ayat 94). Ia berkata lagi kepadaku : “ Apabila kamu mendapatkan sesuatu didalam dirimu, maka bacalah: “Huwal Awwalu Wal Akhiiru Wazh Zhoohiru Wal Baathinu, Wahuwa Bikulli Syai'in ‘Aalliim “.

___________________________________________________________________________________

Setelah mebaca artikel tersebut saya mencoba mengamalkannya, Allahmdulillah ada perubahan. Saya jadi lebih berani mengambil tindakan, meskipun masih perlu banyak berlatih. Karena rasa ragu itu akan tetap ada, karena syaitan tidak akan pernah berhenti mengganggu manusia.

Saya akan berusaha untuk istiqomah mengamalkan doa ini, agar bisa menepis setiap keraguan yang hadir. 

“Aamanna Billaahi Warusulihi Huwal Awwalu Wal Aakhiru Wazh Zhoohiru Wal Baathinu Wa Huwa Bikulli Syai'in ‘Aliimun “.

Salam,
Konno Yuki


Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar