Dosen Pembimbing PKL ku yang luar biasa

Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa dengan persyaratan akademis tertentu. Kegiatan intrakurikuler ini wajib dilaksanakan dan berbobot 2 sks bagi setiap mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Diponegoro. Pelaksanaan PKL dilaksanakan pada instansi / perusahaan yang telah memberikan persetujuan atau menerima pengajuan PKL dari mahasiswa yang bersangkutan. Praktek Kerja Lapangan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengamati, menganalisa dan membandingkan antara teori dan ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan dengan permasalahan nyata pada instansi / perusahaan terkait.

Di Program Studi Statistika Universitas Diponegoro, PKL dilaksanakan pada semester 6 sesuai dengan kurikulum yang ada. Dalam pelaksanaannya PKL biasa dilaksanakan pada rentang liburan semester yaitu semester 5 ke semeter 6, dalam jangka waktu lebih kurang dua bulan mahasiswa dapat melaksanannya. Sebelum melakukan kegiatann ini mahasiswa terlebih dahulu harus melakukan pengajuan proposal PKL ke instansi yang dituju.

Langkah-langkahnya:

Pertama mahasiswa mendaftar dahulu ke program studi, setelah itu mahasiswa akan memperoleh seorang dosen pembimbing yang akan membimbing mahasiswa mulai dari pembuatan proposal sampai nanti ke seminar hasil PKL.

Kedua mahasiswa merancang proposal PKL, dalam membuat proposal ini mahasiswa wajib untuk berkomunikasi secara intensif kepada dosen pembimbing, dan mendengarkan arahan yang diberikan oleh dosen.

Ketiga mahasiswa menghubugi perusahaan/instansi yang pengin dijadikan tempat PKL. Disitu dilakukan lobi tentang bisa atau tidaknya PKL di situ,syarat apa saja yang harus dipenuhi, waktu yang bisa dipergunakan untuk PKL dan bagian apa yang nantinya bisa dimasuki oleh mahasiswa..

Keempat menyelesaikan proposal dan persyaratan administrasi yang dibutuhkan, sesuai dengan permintaan perusahaan/instansi. Karena setiap instansi/perusahaan berbeda-beda syarat yang diajukan. Baik legalitas dari dosen, Program Studi atau bahkan sampai ke Dekan Fakultas.

Kelima datang lagi ke perusahaan/instansi menyerahkan berkas yang diminta, dan menunggu konirmasi diterima atau tidaknya.


Langkah-langkahnya memang agak lama dan butuh keseriusan apa lagi saat mendapat dosen pembimbing yang sangat kritis dan teliti. Seperti saya kurang lebih 8 kali saya haru menemui dosen pembimbing saya untuk bisa menyelesaikan perijinan PKL. Hal ini sangat menyenangkan karena dari situ saya mendapat banyak pelajaran berharga dari dosen pembimbing saya.

Dari hati yang paling dalam saya mengucapkan banyak terimakasih pada Bu Diah safitri, S.Si, M.Si karena mau membimbing saya yang seperti ini. Saya yang bukan termasuk orang yang rajin namun beliau sabar membimbing saya, bahkan saat beliau sedang hamil dan sakit masih mau meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan kepada saya. Do'a saya untuk ibu, semoga cepat sembuh dan dapat melahirkan anak ke dua ibu dengan selamat dan sehat..
amin.



Biodata tentang beliau:
Nama Lengkap : Diah Safitri, S.Si, M.Si
Tanggal Lahir : 1975-10-08
Alamat : Jl. Singosari I /8 RT 08 RW 06 Semarang
Ijazah Terakhir : S2
Bidang Keahlian : Statistika
Laboratorium : Statistika
Mata Kuliah yang diampu : Statistika Multivariat,Quality Control, Pengatar Teori Keputusan
Email : safitri@stat.undip.ac.id
Telpon : 08157605107

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

1 komentar:

  1. Waktu itu Pkl nya dimana ya Ka? Apa boleh minta kontak tempat kaka dulu Pkl?

    BalasHapus