Olah Raga demi Meraih Cinta Allah

(Photo Muhammad Ali Petinju Profesional)

Tubuh manusia bagaikan mesin. Jika tidak digunakan, akan berkarat dan rusak. Tubuh manusia juga sama, dengan pola gaya hidup yang terlalu sibuk, & jarang olah raga menyebabkan tubuh mudah diserang penyakit, baik fisik maupun psikologis. Otot-otot tubuh juga menjadi lemah karena jarang dilatih. Persendian menjadi kaku dan rentan cidera.
Pentingnya olah raga?
Kenapa orang berolahraga? Para ahli berpendapat, bahsa setiap orang harus berolahraga selama 30 menit atau 60 menit setiap hari. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berolahraga adalah sebagai berikut:
Berat Badan
Setiap bentuk olah raga akan membantu proses penurunan berat badan. Seperti aerobic, berjalan, jogging, berenang, bersepeda akan membantu dalam membakar kalori dan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Lemak dalam tubuh akan berkurang dengan olahraga teratur.
Meningkatkan Stamina
Saat tubuh mudah lelah atau tidak dapat melakukan aktivitas secepat yang diinginkan ini merupakan pertanda stamina yang rendah. Berolahraga dengan teratur dapat meningkatkan stamina. Akibatnya tubuh terlatih untuk menggunakan sedikit energi dalam melakukan sejumlah pekerjaan, sehingga tubuh lebih efisien dalam pengelolaan energi.
Postur Tubuh
Olahraga juga berdampak pada postur buh yang baik. Orang yang berolahraga secara teratur memiliki postur tubuh yang baik, dan terhindar dari perut buncit dan kegemukan. Hal ini akan mendorong anda lebih percaya diri karena memiliki postur tubuh yang bagus, sehingga terlihat lebih ganteng atau cantik.

Psikologis
Ada sejumlah manfaat psikologis dari berolah raga. Pertama, meningkatkan percaya diri. Orang yang teratur berolahraga dapat mengurangi depresi karena tubuh mengeluarkan endorphin dan bahan kimia yang membantu dalam membuat orang merasa lebih nyaman, damai dan bahagia. Hal ini bisa dilakukan juga untuk menghilangkan kebosaan dan meningkatkan mood dikarenakan efekdari endorphin.
Menjauhkan Penyakit
Olahraga penting bagi jantung, karena membantu mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan juga melindungi tubuh dari diabetes, termasuk juga menunda penuaan.
Melatih Sosialisasi
Berolahraga mau tidak mau akan bertemu dengan orang lain. Apabila melakukan olahraga berat dan memerlukan beberapa orang untuk melakukannya misal: futsal, sepakbola, voli, basket, baseball dll. Secara tidak langsung kita berlatih bersosialisasi dengan rekan olahraga. Olahraga grup ini juga lebih menyenangkan dan tidak cepat jenuh.

Rohani
Diari segi rohani, dengan berolah raga jasmani akan menjadi kuat. Sehingga mendorong untuk bisa melakukan amalan ibadah yang lebih banyak dan lebih baik. Seperti bekerja lebih giat, sholat malam lebih lama, tilawah lebih banyak, memperbanyak puasa sunah, dan semua amalan wajib maupun sunah. Selain itu salah satu pilah 10 muwasofat dalam tarbiyah (pendidikan islam) pada poin 4 adalah Qowiyyul Jismi (kekuatan jasmani) yang mana kondisi ini bisa diperoleh dengan berolahraga. Rasulullah bersabda, “Mu’min yang kuat lebih dicintai Allah dari mu’min yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan merasa malas, dan apabila engkau ditimpa sesuatu maka katakanlah “Qodarulloh wa maa syaa’a fa’al, Telah ditakdirkan oleh Allah dan apa yang Dia kehendaki pasti terjadi” HR. Muslim. Berolah raga akan menjadi kuat, muslim yang kuat lebih dicintai Allah.

Mari semangat berolah raga kawan, ingat dengan berolah raga kita bisa meraih cinta Allah.

Salam Olah Raga,
Konno Yuki



Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar