Solusi buat yang lagi nganggur dan ngejomblo.



Ada yang lagi nganggur kah? Pengangguran? Jika Anda nganggur. Ga kerja, ga usaha, ga kuliah…

Kesempatan bagus untuk ngafal Qur’an, benerin bacaan Qur’an, dan memahaminya.


Coba aja ambil wudhu. Dan mulailah melangkah. Baca 10, 20, 30, 40x tiap-tiap baris atau ayatnya. Ntar afal sendiri. Baca-baca juga artinya. Yang sabar aja dalam ngafal itu. Pinter ga pinter ga ngaruh. Yang ngaruh itu, sabar ga? Niat ga? Bulet ga tekadnya?

Asli. Nganggur itu bisa jadi berkah. Bila mulai mendekatkan diri dengan Qur’an. Dan bisa jadi tambah parah bila dibawa tidur, males dan putus asa. Siapa tau Qur’an bakal jadi wasilah pembuka rizki yang cakep banget. Coba aja dijajal. Niatin setahun ini ngafalin Qur’an dulu.

Soal guru, jalan aja dulu. Ntar juga dikasih sama Allah, guru-guru yang pas dan komunitas-komunitas yang pas. Ya. Jalan aja dulu. Ga usah mikirin guru.

Inget ya. Nganggut akan jadi berkah. Bila dibawa ke Qur’an.

Jadilah muslim yang baik ya. Jangan curigaan sama orang. Banyak doa aja. Mikir dan berbuat, hanya yang baik-baik. Santun. Jaga akhlak.

Mumpung nganggur, bersihin gang, jalanan, rumah-rumah tetangga, got, selokan, masjid, mushalla, sekolahan. Sambil murojaah. Siapa tau jadi jalan untuk bisa punya perusahaan cleaning service.

Cuci-cuciin mobil dan motor orang. Jangan minta bayaran. Dan jangan ngarep juga. InsayaaaAllah bakal jadi jalan rizki banget-banget jalan khidmat kayak gini.

Jagain anak orang yang pada kerja ayah ibunya. Sambil murojaah Qur’an. Jangan jagain bini orang. Ntar tambah susah, he he he.

Minimal, ambil alih tugas emak. Beresin rumah. Bantuin masak. Betulin genteng. Cari kesibukan, sekalian buat murojaah hafalan.

Bisa juga banyakin olahraga jalan kaki. Sebelum jalan kaki, afalin 1-2 ayat tambahan. Terus jalan kaki dah, sambil ngulang-ngulang ayat yang diafal. Hafal dapet, pegel dapet, ha ha ha. Ga ya… Hafal dapet, sehat dapet. Atau banyakin shalat sunnah. Sambil murojaah.

Wis, pokoke nganggur itu berkah dah. Terapin juga di urusan perjombloan. Ngejomblo kalo deket ama Qur’an, ya jadi berkah juga. Dan coba liat… Akhirnya ga ada itu sebutan nganggur. Sebab sibuk dan menyibukkan diri. Juga ga ada sebutan jomblo. Sebab kekasihnya, Qur’an.

Rajin-rajin anterin Emak kondangan. Udah mah dapet makanan gratis. Siapa tau juga dapet jodoh…
Kelak yang kerja dan punya usaha, dan juga yang punya suami atau istri, ngiri dengan pengangguran dan jombloer model gini.

Tulisan ini dikutip dari yusufmansur.com

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar