Belajar Nulis Cerpen!!


Kawan, liburan dirumah selama 4 hari membuat aku memikirkan hal-hal yang aneh. Banyak pikiran flashback yang terngiang dikepalaku. Senbuah kayalan yang coba aku susun menjadi sebuah cerita pendek:

Suatu waktu disebuah desa kecil hiduplah seorang anak muda dari keluarga sederhana, namanya iyan. Iyan adalah seorang pemuda yang pandai dan suka berolah raga. Saat kelas dua SD dia ,asuk sekolah sepakbola (SSB) didaerahnya. Ian sangat suka bermain bola meski dia tidak mahir bermain bola. Meski begitu ian tetap bertahan samapai dia bisa bermain bola. Tiga tahun bergabung dengan SSB dia menjadi pemain cadangan terus. Selalu dia ingin bisa menjadi pemain inti dan bisa menetak gol, impiannya bisa mencetak gol dengan tendangan salto dan menjado topscore kompetisi. Untuk mencapai impiannya itu setiap sore dia berlatih, kadang-kadang dia harus berlatih disawah karena membantu orang tuanya.

Saat kelas lima SD, ada seleksi masuk tim sepakbola untuk kompetisi tingkat kabupaten. Iyan mendengar kabar itu langsung mendaftar dan semakin giat berlaih untuk bisa masuk tim. Satu minggu setelah pendaftaran iyan mengikuti tes seleksi. Banyak pemain yang hebat meski itu seleksi tingkat desa, iyan harus belerja keras untuk lolos. 

Seharian mengikuti tes seleksi akhirnya pengumuman hasil seleksi diumumkan. Dalam salah satu nama skuat utama tim nama iyan ada. Betapa senang sekali iyan dia masuk menjadi delegasi yang akan bertanding mewakili desanya ditingkat kecamatan. Pertandingan ditinkat kecamatan berhasil dimenangkan tim dari desa iyan dan iyan juga menjadi top score dengan mencetak 9 gol. Setelah selesai ditingkat kecamatan ada seleksi lagi untuk pertandingan ditingkat kabupaten. kali ini iyan langsung masuk tim inti karena prestasinya ditingkat kecamatan itu. Diturnamen tingkat kabupaten iyan dan timnya menjadi juara 1 dan iyan menjadi Top skor lagi. Meski di tim SSB dia menjadi pemain cadangan ternyata iyan bisa berprestasi sampai ditingkat kabupaten. Kompetisi ditingkat provinsi akan segera dimulai, kali ini seleksi untuk pembentukan tim ketat iyan yang menjadi toskor ditingkat kabupaten mengalami kesulitan untuk masuk timm utama. Dengan usaha yang gigih iyan bisa masuk tim utama, diturnamen tingkat provinsi ini sekali lagi iyan menjadi juara 1 dan topskor lagi. Sungguh senang sekali iyan, namun cita-citanya mencetak gol dengan tendangan salto belum tercapai meski dia sering berlatih tendangan salto.

Pada saat itu untuk pertama kalinya akan di adakan turnamen bola tingkat SD, SMP dan SMA nasional di Indonesia. Semangat Iyan sangat membara, dia ingin bisa menjadi juara nasional. Sistem yang dipakai masih sama, perwakilan provinsi disusun melalui seleksi. Iyan topskor turnamen provinsi jateng kali ini bisa masuk tim utama dengan mudah. Bahkan kali ini dia terpilih menjadi kapten tim. Turnamen yang diikuti 32 provinsi di Indonesia ini sangat meriah. Banyak pemain hebat ditanah air Indonesia, dari sabang samapi merauke anak-anak indoseia betanding menjadi yang terbaik. Apalagi ditingkat SD, sanagt meriah sekali. Jauara nasional menjadi target Iyan dan kaawan-kawannya. Pertandingan belangsung sampai lebih dari satu bulan dana akhirnya untuk kompetisi tingkat SD iyan menjadi juara dan dia menjadi top skor nasional, sangat senang sekali satu tim tersebut. Iyan lebih senag lagi karena impiannya bisa mencetak gol tendangan salto bisa tercapai, dipertandingan final tim jateng bisa mengalahkan tim irian jaya 1-0, satu gol dicetak iyan dengan tendangan salto. Gol itu disambut meriha oleh semua penonton. Semua seakan sangat gembira, perjalanan pulang menjadi sangat senang meski pemain kecapaian semua. 

Iyan kembali kerumah dengan prestasi yang nasional. Meski senang ian harus segera bersiap-siap karena ujian kenaikan kelas sudah dekat. Orang tua iyan selalu mengingatkan boleh main bola tapi harus tetap menjaga prestasi. Meski begitu dari kelas satu iyan selau menjadi rangking satu dikelasnya. Setelah kelas enam, iyan tetap mengikuti turnamen bola nasional itu lagi. Pada tahun ini dia bisa mengulang prestasi ditahun sebelumnya menjadi juara dan topskor disemua tingkat sampai nasioanal.

Pada saat kelas enam ini, iyan melakukan beberapa penelitina dia meneliti tentang air. Dia sangat tertarik dengan air karena dia melihhat daerahnya banyak sekali sawah sedangkan sawah itu membutuhkan banyak air. Iyan membuat penelitian tentang bagaimana menyediakan air disaat musim kemarau agar tetap bisa mengairi sawah, selain itu penelitiannya juga meneliti bagaimana menyediakan air bersih dari air sungai yang kotor. Hasil penelitian iyan ini diajukan juga sebagai karya ilmiah remaja dan dia berhasil meraih penghargaan tingkat nasional. Hal yang paling mebuat iyan senang dengan hassil penelitiannya ini bukanlah karena dia berhasil menjadi juara nasional tapi karena hasil karyanya ini bisa dimanfaatkan dan membantu petani yang tinggal didaerahnya.

Selain melakukan penelitian iyan juga mencoba untuk bewirausaha, dia mencoba untuk berjualan. Yang dijual anak ini adalah hasil kerajinan yang ada didaerahnya kebanyakan adalah berasal dari kayu, poselin dan gerabah. Namapaknya jiwa enterprener ada di jiwa iyan dan terbukti dalam waktu yang singkat iyan bisa menembus pasar nasional. Seringnya dia ikut kejuaraan olahraga dan ilmiah dari sekolah dimanfaatkan iyan juga untuk berjualan kerajinan daerahnya. Luar biasa dalam satu bulan sekarang iyan bisa memperoleh penghasilan lebih dari 500 juta dari jualannya itu. Untuk anak kelas 6 Sd yang usianya kira-kira 12 tahun dia sudah menjadi jutawan baru.

Setelah lulus SD iyan melanjutkan ke SMP, meski prestasi dan nilai akhir SDnya tinggi Iyan memilih sekolah di SMP daerahnya karena ia ingin dekat dengan keluarga dan ingin melanjutkan penelitiannya. Selam tiga tahun di SMP iyan tetatp bermain sepakbola bahkan tiga tahun beruntun dia menjadi juara ditingkat nasional. Dan juga di masuk pelatnas untuk mengikuti turnamen Internasional mewakili tim junior nasional. Hasilnya dia berhasil membawa Indonesia juar satu. Pada turnamen, asia tenggara, asia, dan dunia tinfkat junior.

Selain itu penelitian yang dulu dia lakukan masih dilanjutkan, kali ini iyan berhasil menemukan teknologi air. Dia berhasil membuat sitem pengaturan air, yang penelitiannya itu diterapkan di kabupaten. Penelitian ini sangat bermanfaat pada para petani di kabupaten klaten, dengan teknologi air ini para petani bisa memperoleh air secara teratur. Hasil panen petani pun bisa meningkat, selain itu sungai buatan hasil teknologi air juga menjadi objek wisata yang menarik dan menjadi salah satu tempat wisata yang menarik diklaten. Selama tiga tahun itu proyek pembangunan sungai buatan itu terus berjalan dan berkembang. Sungai buatan ini juga memperindah kota klaten dan mebuat kota ini memperoleh penghargaan adi pura 2 tahun beruntut. Selain teknologi air berupa sungai buatan iyan juga berhasil menemukan teknologi penjernih air dengan tumbuhan. Dengan penggabungan sungai buatan dan tanaman air iyan menciptakan alat penjernih air. Dengan menggunakan alat ini, bisa mengubah air kotor menjadi air bersih, jernih dan aman diminum. Hasil penelitian kedua ini membuat iyan menjadi pengusaha besar, teknologi penjenih air ini dikembangkan iyan menjadi pabrik air mineral. Luar bisa dalam satu tahun pengembangan, usahanya berhasil menembus pasar internasional. Kualitas air hasil alat iyan sangat baik, Selain itu iyan juga berhasil memiliki pabrik air mineral sebanyak lima buah dua di jawa, satu disumatra, satu dikalimantan dan satu lagi dipapua. Dengan pabrik air mineral ini iyan menjadi milyarder muda baru.

Selain itu dua penelitian ian tekologi air, Sungai buatan dan tanaman Penjernih air mengantarkannya memperoleh nobel internasional, dua nobel diperolehnya sekaligus untuk dua penemuannya itu. Bahkan penemuannya itu menjadi banyak acuan dan penelitian bagi para peneliti diseluruh dunia. Untuk mewadahi pertanyaan para peneliti diseluruh dunia maka iyan membangun sebuah Politeknik dikota klaten. Dipoliteknik itu mengakaji teknologi air hasil penelitian iyan dan melakukan pengembangan.
Penerapan teknologi air didaerah Sumatra, Kalimantan dan irian jaya ternyata memiliki efeklain. Pada wilayah itu membuat terjadi konflik dengan para pemilik kebun sawit dan para pembalakk liar. Untuk melerai konflik itu iyan melakukan hal yang aneh, untuk para pembalak liar iyan merekrut mereka semua menjadi karyawannya, dengan gaji dua kali lebih banyak dan fasilitas tempat tinggal plus kesehatan dan pangan, namun dengan syarat mereka tidak boleh membalak kayu secara illegal. Strategi ini sangat efektif pembalakan liar di Indonesia bisa dikurangi sampai tingkat minim. Konflik dengan para pemilik kebun sawit membuat iyan kuwalahan, berbagai tawaran tidak berhasil. Sampai pada akhirnya iyan memutuskan untuk mebeli kebun sawit yang akan dipakai untuk proyek sungai buatan. Sangat menghabiskan banyak biaya namun proyek ini dibantu oleh Negara pendanaannya. Proyek ini berefek sanagt baik untuk hutan karena distribusi air dihutan menjadi lebih efektif.

Setelah itu iyan masuk SMA, setelah kelulusan SMP iyan memilih masuk SMA yang dekat dengan rumahnya. Pada tahun pertama SMA iyan tatap bermain bola dia tetap bisa menjadi juara nasional ditahun pertamanya di SMA. Selain itu pada tahun pertaman ini iyan medapat proyek besar, Free Port yang ada di Irian jaya terjadi masalah. Konflik dengan warga semakin tidak terkendali, hal ini membuat irian tidak aman banyak warga yang pindah dari sana. Setelah lama berdebat akhirnya pemerintah meutuskna untuk menghentikan paksa kontrak dengan free port, hal ini mengganggu perekonomian diindonesia. Sebagai solusinya sahan free port di jual, karena pengelola perusahaan utamanya adalah pihak asing maka tidak ada yang amu memebeli usaha ini, sebab semua alat yang ada semua dimabil oleh pihak asing kembali. Dari kesempatan ini iyan mengambil keputusan berani untuk membeli perusahaan ini, untuk menyetabilkan Indonesia, selain itu dia juga mngajak beberapa teman bisnisnya. Keterbatasan alat membuat pt ni sulit bangkit, iyan terpikir untuk menerapkan teknologi air untuk PT ini. Dengan sedikit modifikasi ternyata berhasil, dengan menggunakan tanaman dan air bisa memisahkan tanah, emas dan uranium, bahkan dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kimia. Kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara kimia. Perlahan-lahan pt ini bangkit namun setelah diambil alih oleh iyan.

Sekarang iyan menjadi orang terkaya diindonesia, seorang anak kelas satu SMA yang sanagat kaya. Prestasi iyan pun tetap baik di SMA. Dia tatap menjadi yang terbaik dikelasnya, selain itu dia juga seing menjadi juara lomba dan olimpiade ditingkat SMA.

to be continue….

Kelik Isbiyantoro

| I'm Moslem, Writer, Statistician, Designer. | Humorous, Perfectionist, Artistic. | "Will be the heir to heaven Al Firdaus" |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar